Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Restorasi Beat 2014 di tahun 2020, part 1, cuma habis duit 700ribu

Kamis, 16 April 2020, saya mendapat rejeki berupa sejumlah uang tunai. Sebagian dari uang itu rencananya mau saya gunakan untuk merestorasi motor kami, Honda Beat Fi 2014.

Kondisinya sudah cukup memprihatinkan. Banyak part yang rusak terutama di bagian body motor. Selengkapnya bisa kamu tonton di video yang telah saya cantumkan pada postingan sebelumnya. Baca juga: review Beat Fi 2014 sebelum direstorasi.

Jum'at, 17 April 2020, saya membawa motor Honda Beat Fi 2014 tersebut ke bengkel langganan.

Kemudian diputuskan saya akan mengganti oli mesin, oli transmisi, aki, tebeng depan atau lebih tepatnya rumah lampu, batang shok depan termasuk sealnya.

Sebenarnya saya juga ingin mengganti spakbor belakang, namun sayangnya part tersebut kosong. Padahal bagian itu agak mengganggu estetika karena beberapa bulan terakhir terpaksa diikat dengan karet ban bekas 😬.

Biaya restorasi Beat Fi 2014

Ganti Aki Baru


Untuk Aki saya tetap pakai merek Yuasa seperti bawaannya, tapi tipenya agak beda. Adanya Yuasa YTZ5S Kapasitasnya 12 volt 3.5Ah. Sementara asli bawaan Honda Beat 2014 (punya kami) Yuasa YTZ4V. Kapasitasnya 3Ah.

Harga Aki Yuasa YTZ5S ini di bengkel langganan saya ini adalah Rp.210.000,-. Harga ini di wilayah Kota Pangkalan Balai, daerah lain mungkin akan beda.

Ganti Tebeng

Rumah lampu/ batok lampu/ tebeng yang tersedia di bengkel ini hanya ada kelas 2 alias KW. Harganya Rp.145.000,-. Kalau mau yang original katanya sih 300ribuan dan barangnya tidak tersedia. Okelah tidak apa-apa yang penting lampu motor saya bisa nempel dengan sempurna lagi.
Kemudian saya teringat dengan sok depan yang sudah lama bocor, jadi sekalian minta diperbaiki. Awalnya cuma ganti silnya saja, namun ternyata Batang sok motor saya sudah lecet, jadi ikut diganti.

Oh ya, saya datang ke bengkel dengan keluhan motor saya sudah di starter. Setelah diperiksa dan ti tes jalan oleh mekanik, ternyata motor saya ini perlu dilakukan pengcekan penggantian busa saringan fuel pump. Harganya pun tidak mahal.

Ganti Oli

Ganti Oli yang rutin adalah resep utama agar motor 4 tak tetap sehat. Dan hari itu juga sudah waktunya untuk ganti oli. Saya biasa mengganti oli setiap 2000 Km. Ya, sekitar 1-2 bulan sekali.

Ketika ganti Oli mesin saya berusaha untuk sekalian saja dengan juga mengganti oli transmisi. Biar makin jos gandos.

Berikut rincian biaya yang saya keluarkan untuk merestorasi Honda Beat Fi 2014 kesayangan kami ini.

Deka Firhansyah, S.I.P.
Deka Firhansyah, S.I.P. Saya saudara kembar dari Deki Firmansyah, S.E. Seorang pelajar yang masih ingin terus belajar. Biasa di panggil Dek, meski saya lebih suka dipanggil DK atau cukup K. Kami Blogger asal Kota Pangkalan Balai, Kecamatan Banyuasin III, Kabupaten Banyuasin, Provinsi Sumatera Selatan kelahiran Selasa, 29 Maret 1994. Senang berbagi informasi sejak kenal internet dan Facebook kemudian mengantarkan saya mengenal blog. Rutin menulis apa saja yang ingin saya tulis termasuk curhat di blog sejak tahun 2016. Selengkapnya kunjungi halaman about.

Posting Komentar untuk "Restorasi Beat 2014 di tahun 2020, part 1, cuma habis duit 700ribu"

بِسْÙ…ِ اللَّÙ‡ِ الرَّØ­ْÙ…َÙ†ِ الرَّØ­ِيم
السَّلاَÙ…ُ عَÙ„َÙŠْÙƒُÙ…ْ ÙˆَرَØ­ْÙ…َØ©ُ اللهِ ÙˆَبَرَÙƒَاتُÙ‡ُ