Iklan 728x90

Penulisan Gelar Sarjana Ilmu Politik

Hai gaes selamat datang di blog CeritaK. Blognya saya Deka Firhansyah. Dalam postingan ini saya ingin berbagi tulisan saya soal keresahan dalam Penulisan Gelar Sarjana Ilmu Politik.

Lagi musim nulis nama lengkap dengan gelar akademik di IG atau sosmed manapun. Tapi tahukah kamu penulisannya sudah benar atau hanya sekedar ikut-ikutan saja. Kalau Aku, tidak tahu bagaimana penulisan yang seharusnya benar seperti apa?
Gelarku Sarjana Ilmu Politik (S.I.P.), seperti itulah yang tertulis di Ijazah yang dicetak kampus Jurusan Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sriwijaya.

Jadi nama lengkapku sementara ini adalah Deka Firhansyah, S.I.P. *semoga nanti bisa nambah panjang lagi... Aamiin 🙏.

Umumnya gelar ini disingkat S.IP saja atau S.Ip (p kecil). Bahkan untuk gelar sendiri pun aku dak tahu mana ketentuan penulisan yang benar. Namun, aku memilih menuliskan gelarku persis seperti yang tertulis di Ijazah. Entah aturan yang benar seperti apa jika gelar itu ditulis melengkapi nama pemiliknya.

Menurutku, memang seharusnya disingkat S.I.P., bukan hanya karena itu sesuai dengan singkatan yang tertulis di ijazah tapi juga bisa diterima oleh logika dan "mungkin" juga aturan yang berlaku dalam tata bahasa Indonesia.

Atau aku saja yang males nyari aturan penulisan nama dan gelar akademik yang benar sehingga nekat beda sendiri dan menuliskan gelar akademik sesuai dengan yang tertulis di Ijazah. Entahlah, bisa jadi aku salah.

Setahu aku saja, setiap titik (.) yang memisahkan antar huruf dalam singkatan gelar akademik S.I.P. seperti yang tertulis di Ijazah Itu menerangkan bahwa setiap huruf sebelum titik adalah singkatan dari satu kata. Jadi S.= Singkatan kata Sarjana, I.= Singkatan kata Ilmu, dan P.= Singkatan dari kata Politik.

Nah, kalau ditulis langsung dua huruf  baru dilanjutkan titik (.) maka artinya dua huruf itu mewakili satu kata.  Jadi teringat orang sering menyebut singkatan ip yang maksudnya adalah ipar

Bagaimana menurutmu?


TTD Deka Firhansyah, S.I.P.
#Catatandeka

2 Komentar untuk "Penulisan Gelar Sarjana Ilmu Politik"

  1. makasih mas, saya jadi tahu cara penulisannya salam kenal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama², terimakasih sudah berkunjung di blog saya yang sederhana ini mas. Blognya keren!!!

      Hapus

Terima kasih sudah berkunjung, silakan berkomentar ya:D

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel