Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Kawamatsu sang Kappa dalam Manga One Piece

Dalam manga One Piece kita diperkenalkan karakter Kawamatsu sang Kappa. Hal itu dijelaskan oleh Kozuki Hiyori kepada Zoro setelah Zoro menyelamatkannya. Saat itu Hiyori menyebutkan bahwa dia tidak menyangka bahwa makhluk seperti itu benar-benar.

Sepertinya Oden memang suka merekrut makhluk, orang-orang aneh, dan berandalan sebagai pengikut. Bukan hanya aneh tapi mereka juga kuat. Lihat saja Inuarashi dan Nekomamushi yang sudah diakui kekuatannya oleh Luffy.

Ternyata sosok Kawamatsu sang Kappa ini terinspirasi dari makhluk legendaris dalam cerita Jepang.

Kappa (河童, "anak sungai"), juga disebut Gatarō (川太郎, "anak sungai") atau Kawako(川子, "anak sungai"), adalah makhluk legendaris, sejenis makhluk air yang dapat ditemukan pada cerita rakyat Jepang.

Namun, mereka juga dianggap sebagai bagian dari kriptozologi, karena beberapa orang mengaku melihat Kappa. Pada agama Shinto, mereka dianggap sebagai salah satu suijin ("dewa air").

Kappa biasanya digambarkan mirip manusia, tubuhnya sebesar setengah tubuh anak-anak. Kulitnya bersisik mirip reptilia warnanya berkisar dari hijau hingga kuning atau biru.

Kappa diperkirakan hidup di kolam dan sungai di Jepang, serta memiliki berbagai organ tubuh yang memungkinkannya hidup di lingkungan berair, seperti selaput di antara jari-jari tangan dan kaki. Mereka kadang-kadang dikatakan berbau seperti ikan, dan mereka juga dapat berenang seperti ikan. 

Peribahasa kappa-no-kawa-nagare ("kappa tenggelam di sungai") berarti seorang ahli pun dapat berbuat kesalahan. 

Ciri fisik paling menonjol yang dimiliki mereka adalah cekungan di bagian atas kepala yang dapat menampung air. Bagian tubuh ini dianggap sebagai sumber kekuatan kappa. Cekungan ini harus dipenuhi air kalau kappa ingin berada jauh dari air untuk sementara. Bila air di cekungan atas kepala tumpah, kappa tidak dapat bergerak lagi.

Meskipun mereka dilaporkan hidup di seluruh penjuru Jepang, kappa konon berasal dari Prefektur Saga.
Deka Firhansyah, S.I.P.
Deka Firhansyah, S.I.P. Saya saudara kembar dari Deki Firmansyah, S.E. Seorang pelajar yang masih ingin terus belajar. Biasa di panggil Dek, meski saya lebih suka dipanggil DK atau cukup K. Kami Blogger asal Kota Pangkalan Balai, Kecamatan Banyuasin III, Kabupaten Banyuasin, Provinsi Sumatera Selatan kelahiran Selasa, 29 Maret 1994. Senang berbagi informasi sejak kenal internet dan Facebook kemudian mengantarkan saya mengenal blog. Rutin menulis apa saja yang ingin saya tulis termasuk curhat di blog sejak tahun 2016. Selengkapnya kunjungi halaman about.

Posting Komentar untuk "Kawamatsu sang Kappa dalam Manga One Piece"

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم
السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ