Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Perbaikan data di Kartu Keluarga

Hai gaes selamat datang di blog CeritaK. Blognya saya Deka Firhansyah. Selain melakukan perbaikan E-KTP pada 30 April 2019. Sebelumnya saya juga telah melakukan perbaikan data di Kartu Keluarga (KK) pada Minggu, 28 April 2019.

Sama seperti proses perbaikan E-KTP, proses perbaikan KK juga cukup mudah. Apalagi kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Banyuasin buka setiap hari. 

Meskipun mudah, namun tetap syaratnya harus lengkap. Untuk itu sebelum datang ke Disdukcapil, pastikan kamu membawa berkas persyaratannya.

Untuk itulah tujuan tulisan ini saya buat. Kamu bisa menjadikan tulisan saya ini sebagai referensi untuk melakukan perbaikan data kependudukan di Kartu Keluarga.

Prosedur Perbaikan data Kartu Keluarga

Berikut saya sajikan step-by step atau langkah-langkah perbaikan data KK berdasarkan pengalaman saya kemarin.

Pertama, saya sarankan sebelum berangkat ke kantor Disdukcapil pastikan kamu sudah membawa berkas-berkas berupa KK asli, fotokopi ijazah sebagai dasar perubahan data, dan siapkan materai 6000.

Kedua, jangan ragu untuk bertanya kepada petugas Disdukcapil yang ada di kantor. Sebutkan permasalahan yang ingin diperbaiki pada KK. Misalnya seperti permasalahan saya, Nama saya yang tertulis di KK sebelumnya terdapat salah huruf.

Ketiga, kita akan diarahkan ke loket 1 atau Loket KK. Disana kita akan diminta untuk menulis isian perubahan data pada formulir yang disediakan. Dibagian akhir formulir tersebut kita diminta TTD diatasi Materai 6000. Agar bisa cepat dan tidak bolak-balik kantor Disdukcapil-Kantorpos-Disdukcapil lagi, maka pastikan sudah punya Materai 6000 atau belilah Materai 6000 terlebih dahulu sebelum berangkat ke kantor Disdukcapil.
Perbaikan data di Kartu Keluarga
Keempat, kumpulkan berkas formulir yang sudah diisi. Lampirkan KK asli yang salah dan fotokopi ijazah diloket tersebut.

Kelima, setelah berkas-berkas kita dikumpulkan, maka kita hanya perlu menunggu nama kita akan dipanggil.
Keenam, proses ini berlangsung beberapa jam jadi harap sabar menunggu. Dengarkan saja instruksi dari petugas. 
Deka Firhansyah, S.I.P.
Deka Firhansyah, S.I.P. Saya saudara kembar dari Deki Firmansyah, S.E. Seorang pelajar yang masih ingin terus belajar. Biasa di panggil Dek, meski saya lebih suka dipanggil DK atau cukup K. Kami Blogger asal Kota Pangkalan Balai, Kecamatan Banyuasin III, Kabupaten Banyuasin, Provinsi Sumatera Selatan kelahiran Selasa, 29 Maret 1994. Senang berbagi informasi sejak kenal internet dan Facebook kemudian mengantarkan saya mengenal blog. Rutin menulis apa saja yang ingin saya tulis termasuk curhat di blog sejak tahun 2016. Selengkapnya kunjungi halaman about.

Posting Komentar untuk "Perbaikan data di Kartu Keluarga"

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم
السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Berlangganan via Email