Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Desain Konstruksi Rumah 3 Lantai di lahan 10 m × 15 m

Hai gaes selamat datang di blog CeritaK. Blognya saya Deka Firhansyah. Dalam postingan ini saya ingin 'pamer' update hasil gambar Desain Konstruksi Rumah 3 Lantai di lahan 10 m × 15 m yang saya buat pakai aplikasi Sketchup.
Ceritanya disini saya gunakan luas lahan tanah 10 m×15 m. Ya  kurang lebih ini ukuran tanah kavling kecil di Pangkalan Balai. Kalau di Palembang atau kota-kota besar lain nampaknya sudah makin menyempit.
Di lahan tersebut rencananya akan saya gambar bangunan 3 Lantai. Saya sendiri masih cari-cari inspirasi apakah hanya jadi rumah tinggal atau sekalian jadi kantor.
Rumah ini saya gambar dengan konstruksi pondasi telapak serta pondasi batu kali.

Pondasi telapak ini saya buat berukuran setiap sisinya 900mm. Lahan tersebut sudah pasti akan terpotong pondasi telapak yang saya gunakan pada desain kali ini. Jadi di bagian kiri dan kanan bangunan saya harus menyediakan space 500mm ke bagian dalam lahan. Hal ini saya lakukan karena rasanya tidak elok jika pondasi rumah kita memakan tanah milik tetangga sebagai pijakannya.
Kemudian saya juga membuat pondasi batu kali dengan ketinggian 600mm.
Sloof atau cor pada pondasi saya buat berukuran tinggi 350mm dan lebar 250mm.
Rangka bangunan saya buat berupa cor beton. Tiang-tiang saya buat berukuran 300×250 dengan ketinggian menyesuaikan tinggi dinding dari lantai yang rencananya saya buat 3000mm jadi untuk bagian lantai 1 saya buat naik 600mm.
Kusen pintu utama saya buat berukuran tinggi 2100mm dan lebar 1200mm dengan dua buah pintu. Kusen dan jendela saya buat dua ukuran, yang pertama bentuknya saya ingin seolah-olah terkamuflase setinggi pintu yakni tinggi 2100mm lebar 600mm. Jendela lainnya saya buat berukuran tinggi 1600mm×600mm.
Meski rangka bangunan terlihat seakan-akan menghabiskan semua lahan, nyatanya bangunan utama tidak menghabiskan seluruh lahan yang tersedia.

Lantai 1 terdapat garasi yang sengaja saya buat agak besar agar bisa menampung lebih banyak kendaraan. Lantai 1 saya buat naik 600mm dari tanah dengan teras depan tingginya 400mm.

Pada bagian Lantai dua saya ingin ada teras besar berbentuk L untuk tempat bersantai bersama keluarga. Teras ini saya letakkan disisi kanan atau diatas parkiran bangunan yang luas. Kemudian saya juga ingin ada void di atas ruang tamu.

Berikut saya sertakan beberapa video animasi berkaitan dengan desain ini.






Desain Rumah ini memang belum selesai saya kerjakan. Sementara saya stop untuk mengumpulkan inspirasi
Deka Firhansyah, S.I.P.
Deka Firhansyah, S.I.P. Saya saudara kembar dari Deki Firmansyah, S.E. Seorang pelajar yang masih ingin terus belajar. Biasa di panggil Dek, meski saya lebih suka dipanggil DK atau cukup K. Kami Blogger asal Kota Pangkalan Balai, Kecamatan Banyuasin III, Kabupaten Banyuasin, Provinsi Sumatera Selatan kelahiran Selasa, 29 Maret 1994. Senang berbagi informasi sejak kenal internet dan Facebook kemudian mengantarkan saya mengenal blog. Rutin menulis apa saja yang ingin saya tulis termasuk curhat di blog sejak tahun 2016. Selengkapnya kunjungi halaman about.

Posting Komentar untuk "Desain Konstruksi Rumah 3 Lantai di lahan 10 m × 15 m"

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم
السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ