Iklan 728x90

Heboh SMS Penipuan Hadiah CEK Rp.125juta dari Shoppe

Hai gaes selamat datang di blog CeritaK. Blognya saya Deka Firhansyah. Kali ini saya ingin posting satu lagi modus penipuan berkedok hadiah yang sepertinya masih efektif untuk menggaet orang untuk tertipu. Modus penipuan SMS berhadiah. Kali ini Heboh Penipuan Hadiah CEK Rp.125juta dari Shoppe. Benarkah?

Heboh Penipuan Hadiah CEK Rp.125juta dari Shoppe


Ada-ada saja memang, Hingga hari ini masih ada orang yang bisa tertipu dengan SMS seperti itu. Cerita ini saya dapat dari uwak saya.

Awalnya dalam SMS tersebut kita diminta  cek sebuah link web tertentu. Kemudian di web tersebut telah berisi beberapa pemberitahuan terkait ketentuan apa-apa saja yang perlu dilakukan untuk bisa mendapatkan hadiah seperti yang dimaksud dalam SMS sebelumnya.

Dalam hal ini disitu tercantum perintah untuk mengirimkan pulsa nominal 100ribu sebanyak 3x ke nomor yang sudah mereka tentukan bagi "pemenang utama hadiah CEK Rp 125juta". Artinya total pulsa yang harus kita kirim adalah sebesar 300 ribu. Supaya lebih meyakinkan meyakinkan, disitu juga dijelaskan bahwa, uang pulsa tersebut akan dikembalikan bersamaan dengan pengiriman hadiah CEK dengan nominal Rp.125juta.

Begitupun juga bagi "pemenang hadiah kendaraan". Katanya kendaraan tersebut akan dikirimkan menggunakan pesawat Boeing C-130 langsung dari bandara Halim Perdanakusuma ke bandara atau lapangan penerbangan terdekat dari rumah pemenang setelah menyelesaikan pembayaran administrasi STNK/BPKB sebesar Rp. 1.750.000,- (untuk mobil) dan Rp. 750.000,- (untuk motor).

Kemudian pemenang diminta untuk menghubungi nomor tertentu untuk mendapatkan informasi perihal nomor rekening pembayaran yang dimasukkan.

Di web tersebut juga terdapat keterangan antara lain "diharapkan kepada pemenang untuk tidak menyebarluaskan mengenai hal ini sampai hadiah diterima, untuk menghindari adanya pemalsuan pemenang, iri hati dan cemburu sosial. UUD No 32 pasal 331 ayat 23 tentang kecemburuan sosial sesama masyarakat"

"Pengundian sudah dilakukan dihadapan notaris dan disaksikan oleh pihak dinas sosial, Pemda dan jajaran manajemen SHOPE INDONESIA".
Mohon maaf bila pendantuman nomor pemenang tidak kami(mereka) cantumkan secara lengkap dan alamat kami tidak cantumkan demi untuk menghindari unsur-unsur yang tidak bertanggungjawab (penggandaan nomor/pemalsuan pemenang)."
"Pemenang resmi kami(mereka) akan mendapatkan konfirmasi melalui SMS/pesan singkat yang mencantumkan situs undian resmi SHOPPEE INDONESIA di Https://hadiah-27.blogspot.com/"
"Demi kepuasan anda, silakan hubungi kami(mereka) pukul 7.00-21.00WIB SHOPPEE INDONESIA beralamat di:*jl.medanmerdeka Barat No.21 (Jln Budi Kemuliaan), Jakarta Pusat, Jakarta 10110."
"Demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan secara bersama, kami (mereka) harapkan kerjasamanya agar pemenang tidak terlalu menyebar luaskan informasi ini kepada masyarakat luas, jangan sampai ada yang menghubungi kami(mereka) mengaku-ngaku dari kalangan keluarga pemenang, bisa-bisa nanti dananya jatuh kepada orang lain. Agar supaya tidak terjadi penggandaan dan pemalsuan pemenang, diharapkan agar Anda (korban) bisa melaporkan pin anda dengan benar, sesuai yang tertera dalam daftar pemenang.
"Via telepon 0821-8372-2457 sebagai pelayanan konfirmasi."

Selengkapnya bisa dilihat langsung pada web atau seperti pada screenshot yang saya sertakan Berikut ini:





Dalam kasus yang dialami uwak saya merurutnya "wongnyo nlpn td, tp nak suru isi plsa 3 kli 100, tdnyo wak tegiur oleh dio nlpn trus".

Hampir saja uwak saya tertipu. Yang demikian itu jelas sebuah penipuan. Hati-hati dan jangan sampai tertipu. Sebuah perusahaan tidak akan menggunakan nomor pribadi untuk mengirimkan pesan Undian berhadiah.

Kalaupun berupa nomor pribadi pastinya tidak akan berujung pada permintaan untuk mengirimkan sejumlah uang. Pulsa pun juga tidak.

Kalaupun memang diminta sejumlah uang, maka pastikan uang itu dipotong dari besaran uang hadiah yang dimaksud. Jangan mau jika diminta uang dari kocek pribadi kita.

Kalau memang diminta uang bisa juga itu berupa uang pajak atas hadiah yang kita terima. Berupa PPN atau PPN-BM atau pajak kendaraan (jika berupa kendaraan). Itu pun seharusnya setelah hadiah kita terima atau dipotong langsung dari besaran uang hadiah.

Kemudian jika memang itu adalah undian berhadiah sungguhan maka memang seharusnya disebarkan kepada orang-orang. Supaya orang tahu bahwa bahwa perusahaan itu (SHOPPE INDONESIA) katanya itu sedang membagikan hadiah-hadiah seperti yang dimaksud.

Undian berhadiah biasanya juga terkait dengan cara promosi dari tim pemasaran. Jadi pasti akan di publikasikan secara luas. Tentu saja aneh jika ada permintaan dari penyelenggara untuk jangan disebarluaskan. Sangat meragukan.

Hati-hati dengan penipuan. Hati-hati dengan bisnis tipu-tipu berkedok web dan aplikasi.

Belum ada Komentar untuk "Heboh SMS Penipuan Hadiah CEK Rp.125juta dari Shoppe"

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung, silakan berkomentar ya:D

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel