Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara mengetahui hoaks atau bukan? cari tahu siapa pemilik media tersebut

Berita hoaks kian marak, terutama jelang pemilu serentak di tahun 2018. Banyak media massa yang menyajikan berita-berita yang tidak jelas Hoaks atau faktanya. Kebanyakan dari media-media tersebut tidak lebih seperti media abal-abal abal yang dibuat hanya untuk kepentingan pemilu.

Media-media itu banyak  tersebar di internet baik berupa web  ataupun hanya berupa fanpage Facebook.

Tidak jarang diantara media tersebut terlihat sangat profesional. Apalagi berita yang disajikan ternyata cukup menyedot  perhatian masyarakat alias viral.

Menghadapi informasi yang berasal dari media-media tidak jepas tersebut bagi saya sederhana. Kita tidak boleh untuk langsung percaya dengan informasi yang disajikan media-media tersebut.

Lebih baik mencari-cari  rujukan berita lainnya dari media-media  yang sudah terpercaya dan berpengalaman panjang di industri media. Namun tetap saja media-media besar tersebut pun tidak bisa luput dari  kecurigaan.

Lalu Bagaimana Membedakan antara Berita Hoaks atau Bukan? Berikut tips cara mengetahui hoaks atau bukan menurut pendapat saya.

Cari tau pemilik media tersebut. Cari tahu juga apa saja kelompok yang mungkin terafiliasi dengan pemilik media tersebut. Cari tahu juga siapa saja tokoh yang juga terafiliasi dengan pemilik media tersebut.

Dengan mencari tahu pemilik media massa tersebut, kita bisa mengira-ngira apa saja dan siapa saja yang terafiliasi dengan mereka.

Jika ada tulisan berita yang melebih-lebihkan tentang hal-hal prositif dari pemilik, kelompok atau tokoh yang terafiliasi dengan pemilik media tersebut maka jelas ada indikasi atau kemungkinan bahwa itu adalah berita hoaks. Ingat, ini hanya indikasi jadi jangan lantas menyimpulkan bahwa berita tersebut pasti hoaks. Cari sumber berita lain yang terpercaya sebanyak-banyaknya sebelum menyimpulkan.

Jika ada berita buruk atau condong menjelekkan tentang pemilik, kelompok atau tokoh yang terafiliasi dengan media tersebut maka bisa diduga bahwa isu atau fakta yang diangkat dalam berita tersebut memang seperti itu. Sebagai sebuah media massa yang terpercaya tentu tidak bisa menutup diri dari fakta.

Begitulah sedikit tips Cara mengetahui hoaks atau bukan? Yakni dengan cara cari tahu siapa pemilik media tersebut.

Selamat mencoba :-)
Deka Firhansyah, S.I.P.
Deka Firhansyah, S.I.P. Saya saudara kembar dari Deki Firmansyah, S.E. Seorang pelajar yang masih ingin terus belajar. Biasa di panggil Dek, meski saya lebih suka dipanggil DK atau cukup K. Kami Blogger asal Kota Pangkalan Balai, Kecamatan Banyuasin III, Kabupaten Banyuasin, Provinsi Sumatera Selatan kelahiran Selasa, 29 Maret 1994. Senang berbagi informasi sejak kenal internet dan Facebook kemudian mengantarkan saya mengenal blog. Rutin menulis apa saja yang ingin saya tulis termasuk curhat di blog sejak tahun 2016. Selengkapnya kunjungi halaman about.

Posting Komentar untuk "Cara mengetahui hoaks atau bukan? cari tahu siapa pemilik media tersebut"

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم
السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Berlangganan via Email