Iklan 728x90

#NulisRandom2017| Hari ke 13, Memaknai Kegagalan

Jika sudah berusaha tapi masih juga gagal itu artinya memang sudah bukan rejeki. Cari jalan lain yang mungkin rezekimu disitu.

Yang jadi persoalan kalau tidak melakukan apa-apa. Tidak berusaha secara maksimal. Eh ketika pengumuman ternyata gagal. Ya udah mau gimana lagi itu derita loe. Mau marah sama siapa toh situ tidak mau berusaha. Mau iri sama siapa, salah sendiri tidak mau belajar. Ya, pasti tidak lulus. Kecuali situ emang sudah pintar sejak lahir. Tanpa belajar udah bisa juara umum di sekolah misalnya. Bisa saja itu terjadi.

Ini yang akan saya lakukan jika hari itu saya gagal

Lulus SNMPTN jalur ujian tulis tahun 2012 bagi saya sesuatu yang wajib untuk saya dapatkan. Itulah yang saya perlukan sebagai batu loncatan. Sebenarnya saya mengincar sesuatu yang lain di tahun itu. Tapi itu baru akan terlaksana jika dan hanya jika saya lulus SNMPTN. Jika saja saya tidak lulus SNMPTN mustahil hal itu bakal terwujud. Hal itu jauh lebih sulit daripada SNMPTN. Dan ternyata memang hal itu bukan rezeki saya dan saya seolah terpaksa bertahan di Unsri yang tentu bukan pilihan utama bagi saya.

Kegagalan bukanlah akhir dari segalanya. Ketika pilihanmu menemui kegagalan maka mulailah dengan fokus pada bidang lain yang tadinya ingin kamu hindari. Bisa jadi jalan itu bisa jadi jalanmu dalam meraih kesuksesan. Jangan menyerah.

Kalau hari itu saya gagal. Saya tidak akan ragu hanya menjadi pedagang saja atau jadi sopir travel seperti keinginan orangtua. Setidaknya dengan 3-5 tahun jadi sopir travel saya kemungkinan dapat mobil sendiri. Ini tentu lebih baik daripada ikut kuliah mahal yang belum tentu juga bisa kerja. Toh kuliah itu sama saja mau mahal atau murah intinya setelah lulus masih harus cari kerja sendiri atau bikin usaha sendiri. Tidak ada istilahnya langsung dapat kerja tanpa ikut seleksi.

Itu yang akan saya lakukan kalau hari itu saya gagal lulu SNMPTN jalur ujian tulis tahun 2012. Meski saya sangat yakin dengan pilihan yang saya ambil rasanya saya pasti lulus.

Jadikanlah kegagalan sebagai sebuah pelajaran yang sangat berharga.

*Untuk yang gagal lulus SBMPTN
Cari jalan lain, mungkin kuliah bukan jalan yang tepat buatmu.

*Kepala sudah mulai dingin setelah sebelumnya saya menulis status di facebook "Adekku buyan gale masuk unsri be dak bise" yang kemudian saya hapus.

#RamadhanProduktif
#KepalaDingin

Belum ada Komentar untuk "#NulisRandom2017| Hari ke 13, Memaknai Kegagalan"

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung, silakan berkomentar ya:D

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel